Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur

1:52 AM
Assalamu’alaikum, sahabat.

Pada kesempatan kali ini, blog Hidup Sehat ala Rasulullah akan membahas mengenai tips rahasia hidup sehat hingga tua. Seperti yang kita ketahui kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, namun takdir sesungguhnya hanya ditangan Allah SWT. Ayo simak penjelasan lebih lengkapnya!

Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur

Menurut pakar kesehatan Andrew Weil M.D sebagian besar suku cadang tubuh kita dirancang layak pakai, bergaransi, atau produktif alias tidak bermasalah selama 80 tahun asalkan syarat dasar bagi pemeliharaan dan pencegahan dijaga. Kini gaya hidup yang serba santai, anak-anak di dunia modern duduk khusyu berjamaah di depan TV atau video games playstation, sambil mengunyah jajanan renyah sehingga mereka tumbuh kegemukan (obesitas).

Akibatnya, kini fenomena anak berusia di bawah 10 tahun menderita diabetes mellitus tipe II mulai bermunculan. Mungkin pada dua dekade sebelumnya kasus ini hanya terjadi pada populasi diatas usia 40-an. Seandainya time of response penyakit degeneratif muncul seketika, misalnya orang-orang bisa langsung merasakan dampak dari gaya hidup yang salah, mungkin sebagian besar dari kita akan “bertaubat dini” dan mengingat nasihat Nabi,”Ingatlah mudamu sebelum datang tuamu, dan ingatlah sehatmu sebelum datang sakitmu.”

Dan inilah potret buram dari kehidupan modern hari ini bila dibandingkan konsep hidup sehat alami:

1. Bangun tidur
Orang-orang yang selalu menjaga jam istirahat dan jam bekerja sesuai dengan perputaran siang dan malam (siang untuk bekerja, malam untuk istirahat) sudah pasti akan memiliki ritme bangun tidur yang baik. Setiap paginya, mereka yang cukup bekerja dan cukup istirahat maka cukup dibangunkan dengan suara alam (sirkardian). Suara alam ini bisa bermacam-macam seperti ayam yang berkokok tiap pagi, azan Shubuh, dan dinginnya pagi hari. Berbeda dengan mereka yang memaksakan diri untuk bangun dan mereka dibangunkan oleh bunyi alarm digital.

2. Menu makanan
Kakek dan nenek kita yang kelihatan masih sangat sehat di usia senjanya, sangat gemar memakan makanan yang dipetik atau diambil dari lingkungannya sendiri. Makanan dari hasil tanaman sendiri yang organik ini sangat sehat dan terpantau tingkat baiknya pemeliharaan tanaman tersebut hingga diolah menjadi masakan siap saji. Hari ini, kita lebih gemar makan makanan sintetis (buatan) berupa snack atau makanan ringan berbagai macam pengawet kerasnya dan makanan instan yang memiliki sedikit nilai gizi tapi tinggi kalori.

3. Gerak
Banyak dari pekerjaan kita yang kini sudah digantikan oleh mesin-mesin sehingga tidak memerlukan tenaga manusia lagi. Mulai dari membajak sawah yang kini sudah dilakukan oleh mesin traktor hingga gerak individu manusia itu sendiri yang kini telah dibantu oleh mesin. Ya! Hari ini manusia bergerak kesana-kemari sudah dibantu oleh mesin yakni sepeda motor, mobil dan alat-alat transportasi lainnya. Tentu teknologi ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi umat manusia namun kita cenderung berlebihan dalam penggunaannya seperti menggunakan alat transportasi ini untuk jarak yang masih sanggup dilakukan dengan berjalan kaki sebagai bentuk dari olahraga kita sehari-hari

4. Tidur
Tidur yang sehat adalah tidur yang didapat dalam kondisi nyaman sehingga terciptalah rasa nyenyak saat tidur setelah seharian bekerja. Selain karena sudah cukup bekerja, tidur yang nyenyak juga disokong oleh alam itu sendiri. Suhu dan gelapnya malam sangat mendukung tidur yang nyenyak dan berkualitas sebagai fitrah dari Tuhan untuk manusia itu sendiri yakni siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat. Namun hari ini, karena kita selalu dikerjar deadline lantas hal itu membuat kita mengabaikan jam-jam istirahat ini untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk ini dan begitu tugas untuk presentasi untuk esok pagi ini selesai, maka kita pun mengonsumsi pil sedatif atau pil tidur lainnya dengan tujuan agar bisa langsung tertidur di detik itu juga.

5. Kejiwaan
Jika dibandingkan dengan orang-orang tua kita dulu, beban hidup mereka jauh lebih ringan dengan kita yang hidup di era teknologi yang sangat memudahkan ini. Dulu belum ditemukan smartphone yang memungkinkan kita untuk mengirim surat elektronik dalam beberapa detik saja sehingga semua macam pekerjaan memang dilakukan dengan cara yang manual dan tidak terburu-buru sehingga dilakukan dengan cara-cara yang amat santai. Dulu, populasi di kota besar belum sebesar sekarang yang membuat kemacetan menjadi tidak terkendali. Sebagian besar karyawan di kota pusat Jakarta setuju bahwa sebagian besar usia mereka habis di jalan kota Jakarta saat kemacetan itu selalu terjadi di jam-jam sibuk pergi dan pulang kantor. Hal-hal menjengkelkan di kantor dan di luar kantor ini akhirnya memicu stress sehingga mempengaruhi tingkat kesehatan kita.

Nah, itu dia sedikit mengenai tips rahasia hidup sehat dan panjang umur hingga umur 80-an. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada sahabat-sahabat Anda lainnya agar mereka juga mengetahui manfaat dari terapi air wudhu ini. Terimakasih.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Ada yang kurang jelas? Silahkan tuliskan di komentar :)