Manfaat Khitan/Sunat dalam Ilmu Medis

1:56 AM
Assalamu’alaikum, sahabat.

Kali ini, blog Hidup Sehat ala Rasulullah akan membahas mengenai khitan. Kita sebagai muslim tentu mengetahui bahwa khitan merupakan hal yang wahib. Tapi tahukah Anda apa manfaat dibalik itu semua dari segi medis? Ayo simak penjelasan lebih lengkapnya!

Manfaat Khitan/Sunat

Secara tradisional, seseorang disebut sebagai Muslim karena mereka melakukan sunat (khitan). Merupakan sunnah Nabi Muhammad bahwa setiap anak lak-i-laki yang telah baligh harus menjalani khitan (circumsitio), yakni memotong ujung kulit penisnya (preputium penis). Pada tahun 1954, sebuah penelitian dilakukan terhadap 86.214 wanita di Boston. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanker mulut rahim (Carsinoma cervix) pada orang bukan Yahudi ternyata 85% lebih tinggi daripada wanita Yahudi. Mengapa wanita Yahudi memiliki kecenderungan menderitan kanker rahim lebih rendah dibandingkan yang lain? Para ilmuwan menyimpulkan bahwa diantara salah satu faktornya adalah karena para suami mereka menjalani sunat.

Daerah kulit pembungkus kepala penis (preputium) yang tertutup berpotensi menyimpan banyak bakteri dan bekas-bekas kotoran. Di kepala penis tersebut terdapat deposit smegma (akumulasi dari sekresi kelenjar sebaceous ectopic di kulup penis) yang iritatif dan merupakan faktor pencetus penularan keganasan (kanker) bagi penis sendiri dan wanita yang menikah dengan pria tidak bersunat. 
 
Yang menarik, praktik khitan kini banyak disorot sebagai tindakan yang mampu menekan transmisi HIV sebagaimana dirangkum dalam paper dari jurnal ilmiah. Dipublikasikan di jurnal BMJ bahwa prevalensi HIV di Timur Tengah lebih rendah dibandingkan tempat lain di dunia.  Hal itu dikaitkan dengan rendahnya konsumsi alkohol dan praktik khitan dalam masyarakat Timur Tengah.

Demikianlah ulasan kami mengenai manfaat khitan dalam ilmu medis. Semoga tulisannya bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabat lainnya ya :)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ada yang kurang jelas? Silahkan tuliskan di komentar :)