Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Menurut Rasulullah

4:22 PM
Assalamu’alaikum, sahabat.

Pada kesempatan kali ini, blog Hidup Sehat ala Rasulullah akan mengkaji lebih dalam mengenai apa saja manfaat wudhu bagi kesehatan menurut Rasulullah dan ilmu medis. Kita sudah tahu bahwa salah satu kebiasaan rasul yaitu menjaga wudhu, lalu apa rahasia dibalik itu? Ayo simak penjelasan lebih lengkapnya!

manfaat wudhu bagi kesehatan


Membasuh tangan

Basuhlah tangan sambil merasakan aliran air yang lernbut menyentuh syaraf-syaraf tangan. Air yang mengalir lernbut dengan suhu dingin memberikan rasa segar dan menenangkan pikiran, apalagi di saat tubuh terasa penat dan suhu badan meninggi. Anggaplah Anda sedang iseng-iseng bermain air. Kalau Anda merasakan sentuhannya, maka pikiran Anda akan bersatu dengan aliran air yang menyebabkan pikiran beristirahat dan kendor. Lakukanlah beberapa menit sampai Anda benar-benar merasa santai. 

Dalam suasana seperti inilah saat yang paling tepat untuk mengarahkan jiwa dengan niat mengingat Allah untuk membersihkan diri. Nabi mengatakan bahwa:
"Barang siapa mengingat Allah (dzikrullah) ketika wudhu, niscaya disucikan oleh Allah tubuhnya secara keseluruhan. Dan barang siapa tiada mengingat Allah (dzikrullah) niscaya tiada disucikan oleh Allah dari tubuhnya selain yang kena air saja." (HR. Abduf Razaq Filjam ishaghir)

Dalam berwudhu', disamping kita melakukan pengendoran atau relaksasi dengan terapi air, pengendoran ruhani jauh iebih penting. Pengendoran ruhani bisa terjadi hanya dengan penyerahan diri kepada Allah. Sebutlah nama Allah Yang Maha Suci, lalu biarkan ruh menghampiri Allah untuk memohon dibersihkan jiwanya. Dan rasakan sentuhan Allah mengalirkan rasa sejuk ke dalam bathin Anda. Semakin kita hadirkan jiwa kita, semakin bening pula rasanya. Getaran halus dapat tiba-tiba mengalir menyelimuti sekujur tubuh, menimbulkan rasa seperti menggigil atau merinding.

Lakukanlah sikap ingat kepada Allah ini dalam setiap gerakan dan pembasuhan air pada seluruh anggota tubuh yang dibasuh dalam berwudhu'. Semakin sering Anda mendapatikan getaran dalam berwudhu', akan sangat mempengaruhi perjalanan ruhani Anda dalam shalat. Tanpa Anda sadari, ruh meluncur dengan cepat sebelum Anda melakukan takbir. Getaran sebagai kesambungan rasa ihsan bisa Anda rasakan benar-benar ada. Bahkan rasa khusyu' itu sudah muncul sebelum shalat berlangsung. Pada proses awal, Anda barangkali tidak akan kuat membaca surat AI Qur'an, bahkan untuk berdiri pun sulit dilakukan karena begitu besarnya pengaruh kalimat-kalimat yang dibaca dalam shalat kepada jiwa kita. Apalagi di saat ada tarikan ruhani (mi'raj), akan muncul kenikmatan yang sangat luar biasa yang menyebabkan Anda enggan untuk menghentikan shalat.

Praktekanlah hal ini dalam setiap gerakan wudhu' untuk menjaga kesadaran agar jiwa tetap hadir kepada Allah. Insya Allah wudhu' kita akan memberikan terapi bagi jiwa agar menjadi bersih dan tenang.


Mencuci mulut

Mulut adalah organ tubuh yang paling penting untuk dibersihkan. Di tempat inilah segala makanan dikunyah. Sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi akan merangsang pertumbuhan kuman-kuman yang merusak kesehatan mulut kita. " Abu Hurairah r.a. meriwayatkan, Rasulullah bersabda: seandainya tidak (takut) memberatkan umatku, maka saya memerintahkan mereka (untuk membersihkan gigi mereka) dengan siwak setiap waktu akan shalat. " (HR. Muslim)
Namun demikian kesehatan mulut saja tidaklah cukup. Yang lebih penting adalah kesehatan ruhani, karena mulut memiliki potensi menyakiti orang lain. Pepatah mengatakan, lidah memang ticlak bertulang tetapi bahayanya melebihi tajamnya pedang. Berdzikirlah untuk membersihkan sifat-sifat mulut yang tidak baik. Mohonkan cahaya untuk menerangi kegelapan mulut yang selalu spontan berkata tidak baik


Mencuci lobang - hidung

Bulu-bulu yang tumbuh di dinding lobang hidung tidak cukup mampu untuk menyaring kotoran kotoran udara yang penuh polusi, termasuk bibit kuman yang ikut berterbangan. Dengan membersihkann sesering mungkin kotoran-kotoran tersebut, hidung akan bersih clan pernafasan kita akan lebih lancar sehingga baik untuk kesehatan paru-paru kita. Menurut Nabi, setan bermalam di lubang hidung. Maka berdzikirlah untuk hidung agar dibersihkan dari hawa yang selalu mengajak kepada perbuatan yang tidak baik


Mencuci muka

Kemudian basuhlah muka Anda dengan mengguyur air di pancuran (air kran). Bagian ini sudah saya jelaskan pada tulisan wudhu dapat menghilangkan jerawat. Usaplah seluruh waiah secara perlahan-lahan dan hati hati dengan kedua tangan sambil memijat lembut. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasakan muka Anda tidak tegang lagi. Mandi wajah ini harus dilakukan setidak-tidaknya lima kali sehari. Mandi ini akan membuat wajah selalu segar dan bersih. juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Di saat Anda mengguyurkan air ke muka, rasakanlah kesegaran air sambil dzikir kepada Allah. Basuhlah ruh wajah kita dengan kalimat tayyibah agar muka kita mendapatkan getaran Nur llahi, yang membuat wajah kita semakin berseri dan lembut.


Mandi tangan dan siku

Mandi tangan clan siku bisa dilakukan dengan membenamkan kedua bagian tubuh ini di bak air atau menyiramnya dengan air pancuran sambil menggosok-gosoknya sampai rata. Smedley, seorang ahli terapi air, mengatakan bahwa mandi tangan dan siku ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kondisi pembengkakan di daerah tangan lengan dan bahu, disamping akan memulihkan fisik yang kelelahan.
Selama mandi tangan dan siku, jagalah pancaran ruhani kita sehingga getaran itu tidak hilang. Dengan menjaga rasa ihsan dan penyerahan diri, Anda akan menuju kepada relaksasi yang lebih dalam. Tidak hanya sekedar mengendorkan tubuh, tetapi juga membuat ruhani kita akan semakin tunduk dan sumeleh (merendah). Tubuh kita serasa istirahat penuh.


Membasuh kepala

Hal ini baik untuk menurunkan ketegangan-ketegangan pada kepala clan berfungsi juga untuk menurunkan suhu badan. Basuhlah dengan air sampai merata ke seluruh kepala atau sebagian saja. Anda akan merasakan segar kembali sehingga, pikiran menjadi jernih. Apabila ini dilakukan dengan sernpurna dan diniatkan untuk menterapi pikiran, maka membasuh kepala sangat baik untuk menghindari penyakit stress clan tekanan darah tinggi, serta melancarkan aliran darah ke otak dan berfungsi sebagai "tonik" yang kuat terhadap pusat-pusat syaraf otaklah yang mengatur suhu badan, tekanan darah, keseimbangan kadar kimiawi oksigen dan oksida karbon dalam darah, serta kadar berbagai zat kimia yang dikirim ke seluruh organ tubuh.

Arus informasi dari semua bagian tubuh mengalir ke otak dengan bantuan kurir-kurir elektris dan kimiawi. Otak bertindak sebagai komputer yang mengatur seluruh pergerakan dan segala sesuatunya ke seluruh tubuh. Menyapukan air ke kepala berarti membasuh kulit kepala yang berhubungan langsung dengan pernafasan lewat pori-pori. Secara psikologis, air mempunyai efek menentrarnkan pikiran dan jiwa, sehingga di saat akan melakukan shalat pikiran kita sudah siap menerima intuisi-intuisi yang disalurkan melalui getaran getaran. Hanya kepada hati dan pikiran yang jernihlah ilham diturunkan oleh Allah SWT.

Di saat Anda membasuh kepala, basuhlah bathin yang ada di dalam kepala dengan berdzikir kepada Allah agar pikiran kita dibersihkan oleh Allah clan digantikan dengan pikiran-pikiran ilahiyah yang akan menjadi saluran kehendak Nya.


Mengusap telinga

Di saat-saat kita tegang atau marah, terasa kedua telinga kita menjadi panas dan memerah. Hal ini akan hilang dan ketegangan akan menurun apabila di usap-usap dengan air. Lebih baik lagi dengan memijit-mijit, karena di area ini terdapat titik-titik akupunktur. Syarafsyaraf yang berhubungan dengan organ-organ yang lainnya dapat dibangkitkan sehingga aliran darah yang tersumbat akan kembali lancar. Pijatan di telinga sebagai terapi dapat pula menurunkan emosi.

Menurut Prof. Hembing, telinga terdiri dua satuan fungsional, yaitu sebagai alat pendengaran dan sebagai bagian dari sistem keseimbangan tubuh. Dengan membersihkan telinga setiap saat, akan menghasiikan rasa lebih sensitif terhadap, getaran suara yang ditangkap oleh sel-sel pendengaran yang berbentuk rambut-rambut halus. Bahkan jika dilakukan dengan benar, getaran gelombang pada frekwensi 20.000 Hertz - 30.000 hertz akan tertangkap dengan baik Tetapi hal ini sulit dilakukan jika jiwa tidak tenang, karena frekwensi ini berasal dari gelombang yang paling halus (tinggi). Hanya dengan melatih jiwa berdzikir kepada Allahlah kehalusan rasa kita akan.tercapai.


Mandi Kaki

Mandi kaki dilakukan dengan merendarnkan atau mengguyurkan air ke seluruh kaki setinggi lutut. Mandi kaki ini dapat melancarkan aliran darah dan berfungsi untuk menguatkan kaki. Mandi kaki juga mempunyai efek menenangkan dan membuat kita tidur lebih nyenyak. Lakukanlah dengan serius sambil membersihkan sela-sela jari-jari kaki dan menyentuhnya dengan lembut ke seluruh bagian tubuh ini dengan sempurna.

Karena air memilikiwujud yang lembut dan menyegarkan, sungguh sangat memungkinkan bila air mampu menterapi mental orang yang sedang stress. Baik dengan mengguyur atau merendam seluruh maupun sebagian anggota tubuh kita. Sudah terbukti, bahwa di seluruh dunia telah banyak yang memanfaatkan air sebagai media perawatan serta obat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit yang mereka derita.

Nah, itu dia sedikit penjelasan saya mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada sahabat-sahabat Anda lainnya agar mereka juga mengetahui manfaat dari terapi air wudhu ini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ada yang kurang jelas? Silahkan tuliskan di komentar :)